hky

The New UNPAD Website

Dimulai dari webometrics , website UNPAD mulai mendapat sedikit perhatian serius. Tahun-tahun belakangan memang IT nya UNPAD bisa dikatakan jalan di tempat, bahkan jalan mundur. Mulai tahun ini akan banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mengejar banyak sekali ketertinggalan. Salah satunya adalah website.

Sejarah Perjalanan website UNPAD bisa dilihat di sini. Berdasarkan web archive, website UNPAD yang sekarang merupakan versi 5.

Mulai dari bulan Maret 2008, analisis content mulai dilakukan, agar website UNPAD bisa terstruktur dan mudah untuk ditelusuri. Kriteria-kriteria yang diperlukan untuk mendongkrak rank di webometric masuk dalam prioritas. Teknik SEO mulai dilirik. Saya sangat bersyukur adanya rekan pupungbp di sini. You are the man dude. Juga buat Marindra Dhani yang gigih dengan engine nya :)

Alhamdulillah, walaupun secara content masih banyak yang harus kami dibenahi, karena memang keterbatasan sumber daya manusia, landasan dasar website UNPAD sudah dipasang. Website UNPAD yang sekarang bukannya bebas dari unsur-unsur politis, tapi untunglah, kita bisa stick dengan rencana awal.

Tadinya website UNPAD v5 ini akan diluncurkan pada bulan April/Juni 2008. Tapi banyak interupsi, keterbatasan yang harus dihadapi. Akhirnya diputuskan untuk dilaunch setelah rank dari webometric dikeluarkan.

Dari sisi teknologi, OS yang digunakan adalah Debian, webserver Apache2 + mod_fcgid + PHP5 serta database mysql. Untuk saat ini, teknologi ini dirasa cukup. Kalaupun akan ada Digg effect, solusinya sudah dipersiapkan :)

So why dont you check the new UNPAD’s website out ? And hit us with some comment.

Comments

Proudly published with Hexo