hky

University Resource Planning

Enterprise Resource Planning atau yang bisa disingkat ERP, mungkin sudah banyak yang tau. Dulu pernah juga ada cuplikan Kisah ERP di sini. ERP yang kata kuncinya adalah integrasi, yap, integrasi berbagai proses bisnis yang ada di dalam perusahaan. Sehingga memudahkan dan membuat penyajian data-data yang akan digunakan untuk memudahkan pihak pengelola usaha dalam mengambil keputusan.

ERP sendiri yang lahir dari proses pengembangan MRP, dengan kata lain, cocok diadopsi untuk kelas _enterprise. _Baik di sektor manufaktur, ataupun jasa.

Dari cerita-cerita implementasi ERP di perusahaan-perusahaan, kemudian muncul pertanyaan, bagaimana caranya konsep serupa ingin diterapkan di non profit organization, government, termasuk juga di sini, di sebuah universitas.

Komplektisitas pengelolaan sebuah institusi pendidikan tinggi makin hari juga makin kompleks. Seperti juga di perusahaan, di dunia pendidikan tinggi banyak mulai diadopsi penggunaan teknologi informasi, banyak dibangun aplikasi di sana-sini. Walaupun sudah ada SOP atau blueprint IT, sebuah kata ‘integrasi’ ternyata tidak mudah untuk dilakukan, dengan banyaknya berkembang pembangunan aplikasi-aplikasi di lingkungan universitas, integritas data malah menjadi sulit.

Dari sini saya mulai bertanya bagaimana caranya konsep ERP ini diadopsi untuk di lingkungan institusi pendidikan tinggi. Di antara modul-modul ERP yang disebutkan di wikipedia. Yang perlu disesuaikan dengan sebuah universitas adalah bagian _Manufacturing _dan Supply Chain Management.

Bagian manufaktur, menurut saya perlu disesuaikan dengan proses bisnis utama sebuah institusi pendidikan tinggi, yaitu akademik. Di lain kesempatan mungkin akan dibahas secara detail mengenai mapping modul-modul yang ada di ERP dengan proses bisnis yang ada di sebuah universitas.

Saat ini sudah mulai ada universitas-universitas yang mempublikasikan jurnal-jurnal mengenai hal ini. Ada yang menyebut dengan ERP for higher education dan ada juga yang menyebut dengan University Resource Planning. Standard nya sendiri belum ada.

Comments

Proudly published with Hexo