hky

Software Design Patterns

Waktu lagi browse browse sample code nya C#..
ketemu kata kata Design Pattern
gak ngerti.. dan penasaran..
jadinya ditelusuri..
dan ketemunya

Design patterns are recurring solutions to software design problems you find again and again in real-world application development. Design patterns are about design and interaction of objects, as well as providing a communication platform concerning elegant, reusable solutions to commonly encountered programming challenges

GoF Design Pattern

Posted: 30 Juni 2004 10:32 (SAST)

Karena design patterns adalah topic yang cukup luas, mungkin kita harus membahasnya sedikit demi sedikit.

GoF Design Patterns adalah pola-pola pemprograman OOP (Object Oriented Programming) yang dapat / telah dipergunakan berulang kali. Dengan pattern-pattern ini anda dapat menciptakan kode-kode yang dapat di-reusable, dan sangat elegant dan fleksibel.

GoF design patterns dapat dikategorikan dalam beberapa kategori yakni:

Creational Patterns, Structural Patterns, dan Behavioral Patterns.

Dalam Creational Patterns ada pattern-pattern berikut:

Abstract Factory, Builder, Factory Method, Prototype, dan Singleton

Dalam Structural Patterns ada pattern-pattern berikut:

Adapter, Bridge, Composite, Decorator, Facade, Flyweight, Proxy

Dalam Behavioral Patterns ada pattern-pattern berikut:

Chain of Responsibility, Command, Interpreter, Iterator, Mediator, Memento, Observer, State, Strategy, Template Method, Visitor.

Kapan saatnya untuk memakai pattern yang satu dibandingkan dengan pattern yang lain dapat dikatakan sebagai sebuah seni dan akan dapat anda lakukan dengan baik apabila anda telah menggunakan / mengerti fungsi dari pattern-pattern tersebut dengan sangat baik.

Ada juga saatnya untuk menggunakan / tidak menggunakan design pattern. Situasinya tergantung atas applikasi yang akan anda buat. Bila applikasi tersebut adalah sebuah applikasi yang mudah dan anda tahu bahwa dia tidak akan anda kembangkan lagi di masa depan, mungkin penggunaan design pattern akan menjadi mubazir (berlebihan). Bila anda bekerja dengan applikasi yang memerlukan fleksibilitas dan mungkin akan terus dikembangkan, sangat mungkin penerapan design patterns di dalam applikasi anda akan sangat menguntungkan.

Sebaiknya untuk pengulasan lebih lanjut kita buat topik-topik baru berdasarkan masing-masing pattern dan diulas satu per satu.

Jimmy Chandra, MCSD.NET

Referensi :

Ternyatah..
Ngoding di OOP base.. musti tau beginian..
nasib belajar programming otodidak

Comments

Proudly published with Hexo