hky

OpenBSD dan Qmail

Dalam susunan ports OpenBSD, tidak terdapat qmail. Mungkin banyak yang bertanya tanya, mengapa mta sebagus dan sesecure qmail tidak terdapat dalam ports OpenBSD yang sekarang.
Pada zaman dahulu kala, sebenarnya qmail sempat bercokol di dalam ports OpenBSD tapi sekarang memang sudah tidak ada lagi. Anda yang baru menggunakan OpenBSD, atau belum tau sejarahnya mungkin masih bertanya tanya, kenapa sih gak ada ?

Untuk itu saya mencoba mengulas seperti apa kisahnya. Kisah ini terbagi dalam dua versi, yaitu Gosip dan Fakta.

1. Gosip

Aneh memang, qmail tidak terdapat lagi dalam ports nya OpenBSD. Padahal menurut pengakuan pembuat nya, Prof. DJB, dulu, beliau menulis code qmail dengan menggunakan OpenBSD sebagai base Operating System nya. Lalu kenapa OpenBSD sendiri tidak ada?

Menurut salah seorang nara sumber kami, mengatakan bahwa Theo de Raadt (Project’s Leader dan sekaligus pencetus OpenBSD) sangat tidak menyukai gaya rambut berikut gel yang digunakan Prof. DJB. Saking muaknya Theo, dia tidak dapat lagi mengontrol sentimen pribadinya. Dengan berbagai alasan dia setengah memaksa supaya qmail dikeluarkan dari susunan ports OpenBSD.

Tidak cuman itu, beberapa sumber menyebutkan bahwa Theo pernah menaksir salah seorang mantan murid Prof. DJB, tapi Prof. DJB tidak mengizinkan Theo berhubungan dengan muridnya itu, salah satu alasannya adalah Theo itu urakan, dan akan menghancurkan konsentrasi muridnya dalam belajar. Begitu mendengar selentingan ini, Theo tentu saja murka, sempat akan terjadi duel virtual diantara mereka, (mereka akan bertanding Mortal Kombat) Beberapa pihak mencoba untuk mencegah terjadinya hal ini. Dan berhasil memang. Pertarungan itu tidak sempat terjadi. Tapi tetap saja dalem (copyright by iklan dove) Perang diantara mereka terus berlanjut, yaitu dengan perang dingin, mereka tidak saling tegur sapa satu sama lain, dalam waktu yang hanya Ethernet Card lah yang tau kapan berakhirnya.

Dari dua gosip di atas, tragis memang, apa yang terjadi diantara mereka. Percaya atau tidak, kami kembalikan kepada anda.

2. Fakta

Qmail memang sempat hadir dalam susunan ports OpenBSD. Ports yang ada dalam basis OpenBSD 2.8 merupakan awal hadir nya qmail dalam ports OpenBSD. Sampai dengan ports yang berbasis OpenBSD 2.9. Dalam kurun waktu ini, developer OpenBSD mulai awas dengan masalah licence yang ada dalam setiap software yang ada dalam ports mereka. Salah satunya adalah qmail. Qmail memang mempunyai licence yang berbeda. Dan dengan licence ini, agak menyulitkan OpenBSD. Terutama mengenai audit dan penyesuaikan source demi terjaminnya visi utama OpenBSD, yaitu menyediakan Operating System se secure mungkin. Prof. DJB, dengan licence nya, tidak memungkinkan hal ini terjadi. Kedengarannya mungkin saling mempertahankan arogansi masing masing. Tapi memang masing masing mereka mempunyai kemampuan dalam hal itu. Karena itulah, semenjak OpenBSD 3.0 di rilis , Qmail sudah tidak ada lagi dalam susunan ports. Adapun secara default MTA yang terdapat dalam OpenBSD, adalah Sendmail. Tapi selain itu juga terdapat Postfix. Banyak hal yang menyebabkan orang agak sedikit malas menggunakan Sendmail sebagai MTA mailserver mereka, seperti alasan : kecepatan, security, kemudahan konfigurasi dll.
Tapi bukan berarti ports qmail untuk OpenBSD sama sekali tidak ada. Giacomo Cariello telah menyediakan ports Qmail untuk OpenBSD. Anda bisa mendownload file untuk ports Qmail tersebut di site http://experimental.bug.it/ Anda tinggal mendownload dan meletakkan file file itu dalam susunan ports OpenBSD.
Kemudian bagaimana mengkonfigurasi Qmail tersebut anda bisa melihat di http://www.lifewithqmail.org .

Comments

Proudly published with Hexo