hky

Kenapa email UNPAD tidak disimpan di Google

Sekilas, menyimpan email @unpad.ac.id di Google merupakan langkah cepat untuk menyelesaikan permasalahan email UNPAD. Tapi dalam jangka panjang, ada faktor-faktor yang harus dipertimbangkan, diantaranya :

Integrasi
DCISTEM, sebagai penyelenggara service IT di UNPAD, mempunyai visi untuk mengintegrasikan services dan aplikasi dalam satu atap, dengan menyimpan email di Google, akan meningkatkan komplektisitas dari integrasi ini.

Control
Gmail Hosted tidak menyediakan control penuh terhadap email service, untuk mendukung integrasi di atas.

Masih terkait dengan control, Google Apps bisa mengundang user google lain untuk berkolaborasi dalam mengolah dokumen, dari sisi positif ini merupakan fitur yang bermanfaat, tapi dari sisi security, ini bisa menyebabkan bocornya informasi-informasi yang bersifat credential.

Bandwidth
Setiap satu orang yang mengakses gmail, dibutuhkan bandwidth sekitar 32Kbps, pada saat email sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, kebutuhan ini akan terus meningkat, lama kelamaan analoginya akan sama dengan kenapa UNPAD menggunakan telpon PSTN ketimbang menggunakan VoIP, berapa biaya yang akan bisa dihemat dan bisa dialokasikan untuk kepentingan pengembangan yang lain.

Selain itu, pada saat internet mengalami gangguan, selama intranet berfungsi dengan baik, lalu lintas email antar domain unpad.ac.id tidak akan terganggu.

Research
UNPAD sebagai lembaga pendidikan, pada suatu saat akan membutuhkan data mengenai email untuk dipergunakan untuk tujuan penelitian. Selain itu email ini juga sebagai sarana pembelajaran bagi civitas akademika UNPAD mengenai bagaimana menyelenggarakan pelayanan email, kalaupun pada saat ini masih terbata-bata, tapi kita yakin UNPAD bisa :)

Pertimbangan-pertimbangan di atas, dikaji dengan pendekatan Total Cost of Ownership (TCO)

Saya adalah orang yang memigrasikan email Fakultas Ekonomi (FE) UNPAD ke Gmail Hosted. Di lingkungan UNPAD, FE termasuk yang pertama kali menggunakan layanan ini, baru diikuti oleh fakultas/lembaga lain. Secara teknis, memingrasikan email UNPAD ke Google Hosted bukanlah kendala.

FE menggunakan layanan Google Hosted, punya pertimbangan sendiri, diantaranya, FE tidak memiliki sumber daya, terutama SDM yang cukup untuk menyelenggarakan email in house ini, jadi daripada akan menjadi masalah di kemudian hari, makanya email FE UNPAD dipindah ke Gmail Hosted.

Comments

Proudly published with Hexo