hky

Back to Gym

Yoeh.. ikutan fitness lagi :D
Dulu pernah ikutan, sekitar tahun 2000
Bedanya.. dulu itu bener-bener gaya semau-gue, instrukturnya cuma ngasi tau alat mana yang dipake dulu tanpa konsep-konsep yang jelas dan mudah dicerna..
Yah, dapat dipermaklum sih sebenernya kalo ngeliat dari tempatnya

Kalo yang sekarang, rada beda.
Ceritanya UNPADsekitar 3 bulan yang lalu udah mulai secara membuka Pusat Kebugaran di daerah Dipatiukur. Selain gym, aerobik ada spa dan perawatan kecantikan kulit juga ;)
Yah, kepikiran lagi untuk ikut, tambah ada yang lain juga yang pengen ikutan.

Pertama datang kesana, dikasih tau jadwal latihan dan prosedur awalnya gimana. Pengenalan alat, etc. Kita juga dikasih tau kalau bakal diperiksa sama dokter (Prof. Purba) yang emang khusus untuk memantau kegiatan ini. Selain mantan atlit, beliau juga aktif sebagai dokternya para atlit PON sampai sekarang.

Pemeriksaan kesehatan ini, ternyata memegang peranan penting. Dari sinilah porsi latihan ditentukan. Pemeriksaan kesehatannya mulai dengan nimbang berat badan, terus periksa jantung, terakhir periksa tingkat keidealan berat badan dengan menggunakan Skinfold.
Kemudian kita ditanya pengen apa dari fitness ini. Rata-rata jawaban adalah pembentukan.
Selain ini sebenernya ada untuk meningkatkan ketahanan jantung (termasuk stamina), meningkatkan kekuatan otot, dsb.

Dari segi alat-alat yang ada secara garis besarnya dikategorikan ke dalam dua kelompok.

  • Alat - alat yang tujuannya untuk warming up, juga untuk pembakaran kalori, terdiri dari treadmil, trainer, ergometer sepeda. Untuk alat-alat ini set latihannya adalah per 20 menit.

  • Kedua adalah alat-alat untuk pembentukan, yang variannya banyak juga, diantaranya ada : lat pull-up, rowing, bench/chess press, leg press/extension/curl, calv, sit-up, back-up, beban coba mulai 10/25 Kg dulu. Dengan 1 set sebanyak 8-12x
    oh iya.. HATI-HATI dengan alat yang namanya BUTTERFLY (sebaiknya dicoba sendiri apa itu butterfly’s effect :D)
  • Comments

    Proudly published with Hexo