hky

Alkisah mozilla.unpad.ac.id

Sebelum mozilla memindahkan mirrornya ke CDN, mirror mozilla tersebar di beberapa tempat di dunia. Mirror-mirror tersebut sebagian merupakan sumbangan dari berbagai macam organisasi, maupun personal yang mempunyai cukup media penyimpanan dan koneksi.

Mozilla menggunakan Bouncer untuk mengelola mirror tersebut, sehingga pada saat user mendownload ataupun melakukan update, user akan diarahkan ke mirror yang paling dekat dengan mereka.

Di Indonesia sendiri, tadinya ada beberapa penyedia mirror (data yang up to date diperoleh dari https://nagios.mozilla.org/sentry/), tapi kemudian tersisa 2. Salah satunya UNPAD. Di antara 2 ini, prioritas UNPAD lebih tinggi. Prioritas mirror ini diset berdasarkan data reliabilitas koneksi yang dikumpulkan oleh Bouncer, karena itu, tiap bulan bisa berbeda-beda prioritasnya, selain itu, penyedia mirror juga bisa meminta ke pengelola mirror untuk menentukan berapa prioritas mirror yang mereka sediakan.

Sebagai penyedia mirror, ada resiko yang musti dihadapi, bagaimana kalau user dari luar Indonesia banyak yang mendownload ke mirror UNPAD ? Bandwidth bisa habis.

Kebetulan saya punya node yang lagi nganggur di OpenIXP dengan koneksi 1 Gbps, 4 cores CPU, 8 GB memory, 500 GB hdd (SATA), yang selanjutnya kita sebut node-oixp. Sementara di sisi UNPAD ada 1 node dengan 2 cores, 1 GB memory, 500 GB (SATA), selanjutnya kita sebut saja node-intl.

Dengan 2 node ini, saya pengen kalau user yang berasal dari Indonesia, akan mendownload dari node-oixp, sisanya, termasuk juga proses check dari Bouncer mozilla, dihandle oleh node-intl.

Untuk memilah-milah user ini, pertama bisa dilakukan dari sisi DNS. Saya menggunakan Bind, dengan memanfaatkan split view, dan data GeoIP dari maxmind.com. Tapi ini saja tidak cukup.
Karena kalau user yang berasal dari Indonesia, menggunakan DNS seperti Google DNS, OpenDNS dll, jadinya dianggap sebagai dari luar Indonesia. Untuk itu dari sisi node-intl juga perlu diproses untuk memilah user tadi. Untuk proses ini saya menggunakan nginx HttpGeoipModule. Di kedua node saya menggunakan nginx sebagai webserver.

Berikut cuplikan lalu lintas koneksi di node-oixp, pada saat hari biasa dan pada saat mozilla melakukan release baru.

mozilla.unpad.ac.id-traffic

 

Catatan : pada saat traffic seperti ini, menonton log akses ke webserver dengan menggunakan logstalgia, merupakan hiburan tersendiri.

Comments

Proudly published with Hexo